Tutorial : membuat Google AJAX search

9 12 2008

Mungkin masih asing bagi kita apa itu AJAX. Tapi tidak asing lagi bagi kita apa itu Google. Lalu apa itu Google AJAX? Kalau AJAX tim sepakbola sudah tidak asing bagi bola mania. Tapi AJAX bukanlah tim sepakbola dari negara Belanda. Akan tetapi AJAX merupakan kepanjangan dari Asynchronous JavaScript dan XML. AJAX merupakan bahasa pemrograman web yang menciptakan situs menjadi website yang interaktif, hampir sama dengan flash (ingat! hampir sama). Tentu kalian tau dan sudah tidak asing lagi tentang aplikasi flash. Prinsipnya sama yaitu memindahkan sebagian besar interaksi pada komputer web surfer (komputer kita).

Lalu apa itu Google AJAX search? Kalo tadi sudah bahas AJAX sekarang kita bahas Google AJAX search. Sebelumnya teman-teman pasti sudah tau apa itu Google. Jika digabungkan dengan AJAX maka Google AJAX adalah mesin pencari informasi dengan menggunakan program AJAX, yaitu mencari informasi tanpa harus memuat halaman web secara keseluruhan. Masih belum mengerti? Sekarang mari lihat contohnya di sini atau di sini. Coba anda masukkan keyword atau kata kunci yang anda cari. Apakah halaman web akan memuat ulang? Tidak kan.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Sebelumnya saya pernah membuat Google AJAX ini dengan source code yang bersumber pada situs http://ajaxsearch.blogspot.com/. Kemudian saya implementasikan dan berhasil di situs ini dan ini. Tapi sayang kedua situs tersebut mangkrak (nggak pernah saya gunakan lagi). Akhirnya pindah kesini deh.

Wah kok jadi promosi gini ya, trus bagaimana buatnya. Sory deh teman-teman itulah yang saya alami. Begitu susah dan lamanya membuat Google AJAX tersebut. Dan hari ini saya searching di Google apakah sudah ada generator yang dapat membuat Google AJAX seach secara instant. Dan clink…clink…clink. Dapet deh situsnya. Padahal dulu nggak ada. Coba buka situs http://140.123.101.14/~sys89/gsearch_generator/ (kalo tidak bisa buka bukan salah saya).

Laman: 1 2 3


Aksi

Information

5 responses

11 12 2008
manztea

Ajax-ajax saya juga dong belajar Ajax atao nonton klub ahax saja…😀

13 12 2008
Taufik

bisa-bisa aja buat kata2nya.

21 10 2009
Hery

pengen buat comment dengan ajax

28 07 2010
dedi

wah jadi semakin tidak paham, coba lihat situs saya Go Learning | The best place to learn

22 12 2010
software all

ajax lagi, ajax lagi, baru bagun ajax lagi oh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: